LAPORAN TABLE MANNER
NAMA : Ngakan Made Bayu Aditya Putra
NO : 28
KELAS : X AP 3
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Ida Sang Hyang Widdhi Wasa atas segala rahmat-NYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai . Tidak lupa saya juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.
Dan harapan saya semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman saya, saya yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Dan harapan saya semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman saya, saya yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Denpasar, 08 Desember 2016
Penyusun
DAFTAR ISI
Pendahuluan :
Sejarah Hotel Inna Sindhu Beach………………………
Lokasi Hotel Inna Sindhu Beach……………………….
Fasilitas Hotel Inna Sindhu Beach………………………
Isi :
Pengertian Table Manner………….……..…………….
Manfaat Table Manner…………………………………
Sifat – Sifat Table Manner……………………………..
Set Up Table……………………………………………
Sikap Duduk……………………………………………
Cara Meletakkan Guest Napkin………………………...
Cara Makan Roti………………………………………..
Cara Minum……………………………………………..
Cara Makan Soup……………………………………….
Cara Makan Daging (Meet)……………………………..
Cara Melipat Napkin Setelah Makan/Ijin Keluar……….
Kesimpulan :
Kesimpulan ……………………………………………..
Pendahuluan :
SEJARAH INNA SINDHU BEACH
Pada awalnya hotel ini dimiliki oleh perusahaan Belanda yaitu : Konin Kolijke Peketvaar Maatsoha (KPM) yang dibangun pada saat Negara kita masih dijajah oleh Belanda.
Setelah Negara kita merdeka tanggal 17 Agustus 1945, maka semua asset/harta milik orang Belanda yang tidak bergerak (tidak bisa dibawa ke negeri Belanda) ditinggal. Dan setelah terjalin hubungan diplomatic antara Pemerintah Indonesia dengan kerajaan Belanda, maka pada tanggal 22 Agustus 1956 dengan harga sebesar 9 juta rupiah, dan hotel ini diberi nama Sindhu Beach Hotel. Dan tanggal 22 Agustus 1956 merupakan tonggak berdirinya hotel ini.
Semua hotel-hotel bekas milik Belanda yang ada di Bali, seperti : Sindhu Beach Hotel, Bali Hotel, Kuta Beach Hotel, dan di luar Bali antara lain : Hotel Simpang di Surabaya, Hotel Bath Tretes di Jawa Timur, Hotel Garuda di Yogyakarta, Hotel Darma Deli di Sumatra Utara, Hotel Parapat di Danau Toba, dan Hotel Muara di Padang termasuk yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sesuai dengan Ketetapan Menteri Kehakiman RI. Nomor : 5/ 97/ 3. Pada tahun 1974, hotel ini direnovasi dan ditambahkan kamarnya serta dilengkapi dengan fasilitas seperti restaurant, bar, dan swimming pool untuk memenuhi keinginan pelanggan mancanegara dan domestik, disamping itu kebetulan di Bali diadakan Workshop Pata Conference yang mengambil tempat di Bali Beach Hotel-Sanur.
Dan selanjutnya pada tahun 1991 semua hotel-hotel tersebut di atas diberikan identitas yang sama sebagai hotel-hotel dibawah bendera Natour, yaitu dengan mempergunakan nama identitas perusahaan Natour.
Pada tanggal 19 Maret 2001 Pemerintah melakukan penggabungan PT. Natour dengan PT. Hotel Indonesia International (PT. HII) yang juga merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dan mengelola hotel-hotel besar yang berbintang 5 dan 4 (antara lain The Grand Bali Beach, Hotel Putri Bali), menjadi perusaha baru dengan nama PT. Hotel Indonesia Natour (PT. HIN). Atau dalam bahasa inggrisnya disebut ( INNA Hotel Group ) dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan dan sekaligus melakukan efisiensi di bidang pemasaran, operasional , keuangan , dan sumber daya manusia.
Dan semua hotel-hotel ex PT. Natour & PT. HIN diberi trade mark (identitas) baru dengan nama INNA, dan jumlah hotel yang ada di Bali menjadi 5 unit antara lain : INNA Grand Bali Beach, INNA Putri Bali, INNA Kuta, INNA Bali, dan INNA Sindhu Beach
Lokasi
inna sindhu beach terletak di jalan Pantai Sindhu No. 14 Sanur , hanya berjalan kaki menuju pantai sindu sanur, sekitar 25 menit menuju bandara ngurah rai dan kuta,dekat dengan pusat perbelanjaan sanur dan denpasar.
inna sindhu beach terletak di jalan Pantai Sindhu No. 14 Sanur , hanya berjalan kaki menuju pantai sindu sanur, sekitar 25 menit menuju bandara ngurah rai dan kuta,dekat dengan pusat perbelanjaan sanur dan denpasar.
Fasilitas – Fasilitas hotel
Jumlah kamar :61 buah kamar yang terdiri atas :
a. Sindhu Wing 1 : Kamar 213 – 218
b. Sindhu Wing 2 : Kamar 101 – 106 dan kamar 201 – 206
c. Mertasari Wing : Kamar 107 – 112 dan kamar 207 – 212
d. Bungalow : Kamar 113 – 130
e. Batu Jimbar Wing : Kamar 131 – 139
2. Fasilitas yang tersedia :
a. Matahari Beach Restaurant
b. Restaurant Tetaring
c. Purnama Bar
d. Pool Bar
e. Meeting Room :
- Paruman Agung
- Batukaru I & II
- Saraswati
- Batur
f. Swimming Pool :
- Dewasa
- Anak-anak
3. Fasilitas lainnya :
a. Taxi Service
b. Tour & Travel Agent
c. Money Changer
d. Wartel
e. Water Sport :
- Diving
- Snorckling
- Fishin
4. Art Shop :
a. Silver
b. Salon
c. Wood carving
Isi :
Pengertian Table Manner
Merupakan tata cara/etika di meja makan yang mencangkup seperangkat aturan bersikap, aturan pelayanan, tata cara makan yang benar secara internasional di dalam sebuah perjamuan makan.
Manfaat Table Manner
• Untuk mengetahui tata cara pergaulan secara umum di dalam perjamuan makan yang meliputi etika pembicaraan, sikap duduk, cara berbusana, displin waktu, cara berjalan, penggunaan alat-alat makan.
• Agar dapat menyesuaikan diri dengan tata cara perjamuan secara internasional.
• Untuk mengetahui aneka jenis alat dan fungsinya.
• Sebagai sarana untuk mengembangkan aktivitas pergaulan secara luas.
Sifat-sifat Table Manner
•Formal (Resmi)
Semua tamu yang hadir diatur oleh protocol(orang yang mengatur perjamuan dari awal sampai akhir).
Pelayanan menggunakan nomor urut.
Berada di meja utama adalah Tuan rumah/ VIP.
Pakaian sesuai dengan yang tercantum di undangan.
Pemberitahuan bisa hadir/tidak.
Biasanya diawali dengan cock tail party.
•Informal (Tidak Resmi)
Suasana bebas.
Tempat duduk tidak di tetapkan.
Makanan sesuai dengan keinginan masing-masing.
Set Up Table
Menata peralatan makan secara rapi dan sesuai dengan hidangan yang di hidangkan.
Di dukung oleh opening equipment : glassware, chinaware, silverware dan lena.
Sikap Duduk
Yang salah :
tangan diatas meja, badan membungkuk, kaki dilipat ke atas lutut, kebiasaan membuka sepatu/alas kaki.
Yang benar :
Posisi badan tegak, tangan berada diatas paha atau lengan kursi, posisi kaki tidak di angkat atau menyilang, posisi kursi sejajar dengan meja.
Cara Meletakkan Guest Napkin
Yang benar :
Di letakkan di pangkuan napkin dapat di buka lebar bila ukuran napkin tidak terlalu besar.
Fungsi guest napkin adalah hanya untuk menyeka makanan yang menempel pada bibir jangan digunakan atau di manfaatkan untuk sapu tangan(mengelap keringat).
Cara makan roti
- Potong roti menggunakan kedua tangan.
- Potonglah roti diatas piring supaya tidak berantakan meja.
- Potongan roti sesuai dengan mulut, jangan terlalu besar.
- Gunakan dessert knife untuk memoles roti yang dipotong dengan mentega.
Cara minum
- Jari tengah dan ibu jari di gunakan untuk memegang tumpu gelas dan sisa jari memegang ganggang gelas(untuk water goblet).
- Gelas diangkat ke mulut bukan mulut yang ke gelas.
- Bibir gelas nempel dengan bibir kita.
Cara Makan Soup
- Sup di hidangkan dengan mangkuk sup (soup cup) dan piring soup ( soup plate).
- Soup dimakan dengan menggunakan sendok soup (soup spoon), tangan kiri memegang handle soup spoon.
- Soup diambil dengan cara menggerakkan sendok dari arah depan ke belakang.
- Bila soup tinggal sedikit dan anda masih menginginkan soup nya, maka anda dapat memiringkan soup cup kea rah depan dan sendok lah kearah belakang.
- Bila soup dalam keadaan panas, biarkan sejenak agar dingin jangan meniup soup yang ada di sendok.
- Roti jangan di masukkan ke dalam soup.
Cara Memakan Daging
- Untuk daging gunakan dinner knife dan dinner fork, dinner knife di sebelah kanan dan dinner fork di sebelah kiri.
- Tekan dinner fork ke arah daging (jangan ditusuk) baru potong menggunakan dinner knife.
- Potong dari daging bagian kiri (arah dinner fork) dan makanlah mengunakan dinner fork.
- Potong daging setiap kali akan memakannya dan jangan memotong seluruh daging baru memakannya.
- Gunakan dinner fork untuk mengambil Fried French (kentang goreng) dan sayurannya.
Cara Melipat Napkin Setelah Makan/Ijin Keluar
- Lipat guest napkin dengan rapi letakkan di atas kursi, ini menandakan bahwa kursi masih digunakan.
- Lipat guest napkin denga rapi lalu letakkan di atas meja, ini menandakan bahwa jamuan makan sudah selesai.
Penutup :
Kesimpulan
Makan adalah salah satu alat bantu komunikasi. Mengerti dan paham etika saat di meja makan akan mempermudah kita dalam aktivitas pergaulan. Dalam acara jamuan makan, tata cara makan (table manner) merupakan hal utama yang penting di perhatikan, tata cara makan akan menjaga image (martabat) dan menunjukkan siapa diri kita sebenarnya.
Jika ada yang salah mohon di kritik atau berikan saran di komentar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar